Thursday, 17 May 2012

Keutamaan Mencari Nafkah

Agama Islam adalah agama yang dinamis, agama yang memotivasi pemeluknya agar giat beramal shalih. Allah Ta'ala berfirman "Maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan" (Q.S. Al-Baqarah : 148). Salah satu amal shalih yang utama adalah bekerja mencari nafkah.

Mencari nafkah merupakan amal shalih yang utama bahkan hukumnya bisa menjadi wajib bagi laki-laki yang telah berkeluarga atau telah memiliki istri dan anak. Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk bekerja mencari nafkah dan menjauhi dari meminta-minta kepada orang lain. Beliau bersabda "Sesungguhnya seorang diantara kalian membawa tali-talinya dan pergi kebukit untuk mencari kayu bakar yang diletakan dipunggungnya untuk dijual sehingga ia bisa menutupi kebutuhannya adalah lebih baik daripada meminta-minta kepada orang lain, baik mereka memberi atau tidak" (H.R. Bukhari)

Dalam mencari nafkah selain materi yang bisa kita dapatkan, kita pun dapat kesempatan untuk memperoleh pahala yang besar bila kita ikhlas mencarinya. Dari Saad bin Abi Waqqash, Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda "Sungguh tidaklah engkau menginfakan nafkah (harta) dengan tujuan mengharapkan (melihat) wajah Allah (pada hari kiamat nanti) kecuali kamu akan mendapatkan ganjaran pahala (yang besar), sampaipun makanan yang kamu berikan kepada istrimu" (H.R. Bukhari).

Tidak hanya itu saja, bahkan nafkah yang kita berikan kepada keluarga kita dihitung sebagai sedekah. Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda "Harta yang dikeluarkan sebagai makanan untukmu dinilai sebagai sedekah untukmu. Begitu pula makanan yang engkau beri pada anakmu, itu pun dinilai sedekah. Begitu juga makanan yang engkau beri pada istrimu, itu pun bernilai sedekah untukmu. Juga makanan yang engkau beri pada pembantumu, itu juga termasuk sedekah" (H.R. Ahmad)

Demikianlah beberapa keutamaan mencari nafkah. Wallahu 'alam. 
Semoga Bermanfaat.

Ya Allah karuniakanlah kepada kami kemampuan dalam mencari nafkah yang halal, dan lindungilah kami dari sifat malas, Aamiin.

- Dari Berbagai Sumber - 

No comments:

Post a Comment